NqtcMGF9NGN5MqJ4NWF4NWFcMncsynIkynwdxn1c
Lulusan SMK apa bisa kuliah?

Lulusan SMK apa bisa kuliah?

 


Hai sobat kojolah, semua sehatkan? 

Lulus SMK apa wajib kuliah ya kak? Nah, sangat banyak sekali pertanyaan tersebut membebani pikiran siswa yang baru saja menyelesaikan pendidikannya SMKnya. 

Apa itu SMK?

SMK merupakan Sekolah Menengah Kejuruan dimana mempersiapkan siswa untuk siap bekerja. Namun masih ada sebagian dari siswanya melanjutkan studi kebangku kuliah. Ya itu saya.

Dulunya saya memilih SMK karna ingin bekerja langsung sesuai dengan jurusan yang saya pilih. Dan kesempatan tidak akan datang dua kali, maka tidak menutup kemungkinan untuk siswa SMK melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Para ahli berpendapat bahwa pendidikan adalah hal yang terpenting. Tanpa adanya pendidikan, tentu dunia pun tidak akan seperti sekarang ini. Hadirnya pendidikan yang berkualitas seperti sekarang ini pun tidak lepas dari peran dan perjuangan para guru. Oleh sebab itu, guru disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Apa itu Kampus?

Sebuah kompleks atau daerah tertutup yang merupakan kumpulan gedung-gedung universitas atau perguruan tinggi. Bisa pula berarti sebuah cabang daripada universitas sendiri yang menyediakan berbagai macam fakultas serja ratusan jurusan yang bisa kita pilih sesuai dengan apa yang kita minati.

Selanjutnya mengenai jurusan yang akan di pilih. Sangat banyak sekali siswa yang "MELENCENG" dengan jurusan ketika di SMK.

Sebelum pengambilan jurusan sebaiknya 

Paham akan dunia kampus 

Maksud dari dunia kampus merupakan proses awal yang akan kita lalui, kita harus mengetahui fakultas dan jurusan apa saja yang di kembangakan oleh kampus tersebut. Sangat banyak sekali kampus yang ada di Indonesia ini bahkan diluar Indonesia. 

Sangat banyak juga masyarakat indonesia melanjutkan pendidikannya diluar negri contohnya : 

"Alyssa Soebandono juga merupakan salah satu artis bergelar S2. Istri Dude Herlino itu pun mendapat beasiswa penuh ketika kuliah S1 di Monash University, Australia dengan jurusan Communication Art. Tak sampai di situ, aktris yang akrab disapa Icha ini lalu melanjutkan pendidikan S2 di Sussex University, Brighton, Inggris dan menerima predikat mahasiswa terbaik".

Jangan salah akan memilih jurusan karna kita juga harus memahami terlebih dahulu manfaat jurusan yang kita pilih, dan peluang kerja untuk masa yang akan datang atau setelah kita lulus nantik akan jadi apa? Kita harus memahami akan hal tersebut.

Semoga bermanfaat ya

Jangan bingung lagi bagi yang lulus SMK  mau kuliah apa enggak, selagi masih ada kesempatan manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Terimakasih :)

Komentar

Contact Us via Whatsapp