NqtcMGF9NGN5MqJ4NWF4NWFcMncsynIkynwdxn1c
Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) Agar Dilirik HRD

Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) Agar Dilirik HRD

Cara Agar CV Kamu Dilirik HRD saat Seleksi Berkas

Kojolah.com - Curriculum Vitae atau yang biasa disingkat CV adalah dokumen yang menggambarkan riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan kemampuan seseorang. CV biasa digunakan saat seseorang melamar pekerjaan atau program studi di perguruan tinggi. CV ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang latar belakang seseorang kepada pihak yang membaca, sehingga pihak tersebut dapat menilai apakah seseorang tersebut cocok untuk posisi yang dilamar atau tidak. CV harus dibuat secara jelas dan terstruktur agar mudah dibaca dan dipahami oleh pihak yang membacanya.

Ada beberapa informasi yang harus dicantumkan dalam CV, di antaranya:

  1. Identitas pribadi: Nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan alamat email.
  2. Pendidikan: Sertakan informasi tentang sekolah, universitas, atau institusi pendidikan lain yang pernah diikuti, termasuk nama institusi, jurusan, dan tahun lulus.
  3. Pengalaman kerja: Sertakan informasi tentang pekerjaan yang pernah dilakukan, termasuk nama perusahaan, posisi yang pernah dipegang, dan tanggal mulai dan selesai bekerja.
  4. Kemampuan dan keahlian: Sebutkan kemampuan dan keahlian yang Anda miliki, seperti kemampuan bahasa asing, kemampuan menggunakan perangkat lunak komputer, dan lain-lain.
  5. Riwayat organisasi: Jika pernah terlibat dalam kegiatan organisasi, seperti organisasi kemahasiswaan atau kelompok kepentingan, sertakan informasi tentang organisasi tersebut.
  6. Referensi: Sertakan informasi tentang orang-orang yang dapat memberikan referensi tentang kamu, seperti nama, posisi, dan hubungan dengan Anda.

Membuat CV yang menarik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan

  1. Gunakan layout yang professional dan mudah dibaca. Buatlah CV kamu terlihat rapi dan tidak penuh dengan informasi yang tidak penting.
  2. Sertakan informasi yang relevan. Fokuskan pada pengalaman kerja, pendidikan, dan kemampuan yang terkait dengan posisi yang dilamar.
  3. Gunakan kata-kata yang efektif dan jelas. Jangan terlalu banyak menggunakan kata-kata sifat atau singkatan yang tidak dikenal oleh pembaca.
  4. Beri tahu tentang kemampuan dan pengalaman Anda dengan menggunakan contoh-contoh spesifik
  5. Perhatikan ejaan dan tata bahasa. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa yang merusak kredibilitas kamu.
  6. Sertakan informasi kontak yang valid dan mudah dihubungi. Pastikan terdapat nomor telepon dan alamat email yang dapat dihubungi.
  7. Jangan lupa untuk memeriksa kembali CV kamu sebelum mengirimkannya. Perhatikan apakah terdapat kesalahan pengetikan atau kesalahan ejaan yang mungkin terlewatkan.
untuk memudahkan kamu dalam membuat CV yang menarik, kamu bisa membuatnya dengan menggunakan Canva. Disana terdapat berbagai pilihan template gratis dan premium. Bagi kamu yang mau bergabung ke Canava premium Kojolah Sandbox, silahkan tinggal kontak what'sapp di kolom komentar dibawah ini. Jika tidak ada tanggapan dalam 3 hari kerja, silahkan hubungi kami via kontak yang tertera. Paling Penting, Canva Premium gratis untuk kamu yang sudah berkunjung dan baca sampai disini.

Komentar

Contact Us via Whatsapp