Buat Official Website Desa atau Kelurahan gratis hanya di www.Keldes.id

Table of Content

Tips Lulusan SMK Bersaing Dengan Sarjana

Tips Lulusan SMK Bersaing Dengan Sarjana di Dunia Kerja


Lulusan SMK Bersaing Dengan Sarjana, Apa Mungkin?

Dizaman sekarang perusahaan lebih memilih orang yang punya skill dan berkopeten di suatu bidang pekerjaan, untuk itu tidak menutup kemungkinan bagi anda tamatan SMK bersaing dengan tamatan sarjana. Seperti kita ketahui  pembelaran di SMA dan SMK sangat berbeda, sistem pembelajaran di SMA cenderung lebih banyak teori dari pada praktik sedangkan sistem pembelajaran SMK malah sebaliknya, di SMK lebih banyak praktik dari pada teori karna pada dasarnya siswa-siswi tamatan SMK di siapkan  untuk menghadapi dunia kerja. Siswa-siswi SMK juga memiliki kurikulum yang mewajibkan siswa-siswi SMK untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dan praktik langsung dilapangan yang mana disebut dengan PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau disebut juga dengan prakerin. Dengan dilaksanakannya PKL (Praktek Kerja Lapangan) / Prakerin siswa-siswi SMK dituntut untuk diterjunkan langsung ke dunia usaha dan industri guna mempraktikkan langsung ilmu yang di dapat di sekolah serta menambah bekal ilmu yang  tidak bisa di dapat di sekolah namun didapat didunia usaha atau inidusri.

Bekal ilmu yang di dapat sekolah dan ilmu saat PKL (Praktek Kerja Lapangan)/ prakerinlah yang menjadi bekal siswa-siswi tamatan SMK untuk mersaing dengan para lulusan serjana. Bahkan tidak sedikit perusahaan  yang melirik kemampuan siswa-siswi SMK yang mana dalam penilaian mereka kemampuan anak SMK hampir setara dengan serjana, untuk itu banyak banyak perusahaan dan industri usaha lainnya tidak segan-segan untuk mengundang siswa-siswi yang pernah PKL (Praktek Kerja Lapangan) / prakerin tersebut untuk bekerja diperusaan mereka setelah menyelesaikan pendidikan di SMK.

Bagi kalian yang tamatan SMK jangan merasa pesimis dan berfikir kalau persaingan dalam bekerja dengan serjana tidak akan seimbang karena gelar yang mereka miliki tetapi bulatkan tekat untuk terus belajar dan selalu gigih untuk mengembangkan skill yang anda miliki. Yakinlah bahwa bekal yang anda dapat saat bersekolah di SMK dan PKL (Praktek Kerja Lapangan)/prakerin menjadi pertimbangan bagi perusahaan-perusahaan saat ini. 

Mungkin di tahap-tahap awal perusahaan akan menggaji anda yang tamatan SMK lebih kecil dari gaji tamatan Sarjana. Namun dengan berjalannya waktu dan skill yang anda miliki, perusahaan tidak akan segan-segan menggaji Anda setara dengan karyawan tamatan sarjana. Untuk itu bagi anda tamatan SMK ayo buktikan bahwa SMK BISA.

Tips Lulusan SMK Bersaing Dengan Sarjana:

1. Optimis

Tumbuhkan sifat otimis didalam diri bahwa kamu mampu bersaing dengan tamatan sarjana. Walaupun ditingkat pendidikan anda kalah. Tapi buktikan skill yang anda miliki yang mampu mengimbangi tamatan sarjana.

2. Skill

Sebelum melamar pada suatu perusahaan anda harus menyadari skill yang benar-benar dikuasai. Skill inilah yang menjadi bekal anda untuk bersaing di dunia kerja. Ingat untuk mengembangkan skill yang anda miliki teruslah belajar secara otodidak untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan skill yang anda miliki.

3. Asah kemampuan

Meskipun di SMK anda sudah diberi banyak ilmu sebagai bekal modal  untuk di jadikan senjata saat berjaing dengan lulusan sarjana tapi itu belum cukup, karena keterbatasan waktu jam sekolah di SMK dan harus mengikuti kurikulum pembelajaran yang sudah di tetapkan maka anda harus giat mengasah kemampuan di luar jam sekolah seperti mengikuti khursus dan pelatihan serta banyak belajar dengan orang-orang sekitar anda 

4. Buang rasa malu dan gengsi

Meskipun anda hanya seseorang tamatan SMK jangan jadikan itu sebagai hal yang menyebabkan anda takut untuk bekerja di perusahaan besar karena perasaan itu hanya akan menunjukkan bahwa anda kalah sebelum bertanding.

Jika anda telah bekerja dan mempunyai waktu luang tidak ada salahnya anda tingkatkan lagi pendidikan anda ke universitas atau sekolah tinggi demi menunjang karier anda di perusahaan tersebut. Karena tidak munafik gelar sarjana juga dibutuhkan untuk menambah ilmu, menunjang karir, meningkatkan gaji, dan gengsi perusahaan dimata klien 

so, gimana sob? setiap orang itu bisa sukses hanya saja caranya yang berbeda. Title/gelar yang didapat di perguruan tinggi tidak menjamin anda bisa sukses, melainkan apa yang kamu lakukan hari ini, maka itulah yang akan kamu petik di masa depan.

Posting Komentar